Mengobati Insomnia

Mengobati Insomnia – Setiap manusia membutuhhkan waktu untuk istirahat melepas lelah yang salah satunya dengan tidur yang nyaman dan teratur karena 1/3 waktu hidup dipergunakan untuk tidur selama 6-7 jam sehari.

Menurut penelitian, mereka yang memiliki kualitas tidur yang baik sekitar 6-7 jam dalam sehari memiliki kualitas hidup yang lebih panjang daripada mereka yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam sehari. Setiap orang pastinya pernah mengalami kesulitan tidur yang nyenyak. Bahkan menurut survei sekitar 30-50% dari total penduduk mengalami insomnia.

Mengobati Insomnia

Mengobati Insomnia

Insomnia dapat menghampiri siapa saja semua tingkat usia, angka kejadian insomnia akan semakin bertambah tiap tahunnya seiring bertambahnya usia. Hasil survei, menunjukkan paling banyak yang mengalami insomnia adalah wanita dan mereka yang berusia lanjut karena adanya suatu tekanan atau beban yang memberatkan pikiran dan otak.

Insomnia bukanlah suatu penyakit, namun dapat menurunkan kualitas hidup dan mengganggu kesehatan. Insomnia dapat disembuhkan dengan berbagai cara dan upaya mengobati insomnia, diantaranya adalah :

  1. Pastikan perut dalam kenyang agar tidur menjadi nyenyak dan tenang tanpa takut rasa lapar.
  2. Pastikan kamar dalam keadaan yang bersih, harum dan nyaman
  3. Mengatur waktu tidur dan bangun tidur dengan teratur dan terapkan setiap harinya, agar kualitas tidur menjadi baik.
  4. Jika perlu, konsumsi makanan yang mengandung cukup karbohidrat tidak perlu berlebihan.
  5. Untuk membantu kenyamanan tidur, cobalah untuk minum segelas susu hangat sebelum tidur.
  6. Untuk lebih rileks lagi, mandilah dengan air hangat selama 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Karena air hangat dapat mengurangi ketegangan otot dan merangsang tidur.
  7. Melakukan olahraga teratur 2-3 kali dalam seminggu untuk membantu tubuh lebih sehat dan dapat mengelola stress yang muncul dengan baik.
  8. Melakukan terapi relaksasi seperti mendengarkan musik, latihan pernapasan, meditasi dan yoga untuk melepaskan penat dan beban agar tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Mengobati insomnia secara alami adalah dengan menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein yang membuat kita menjadi lebih terjaga dan tidak bisa tidur karena akan menghilangkan rasa kantuk. Walaupun demikian, cara ini tidak baik dilakukan untuk mereka yang bekerja shift dalam jangka waktu panjag. Sebaiknya hindari minum kopi untuk mereka yang susah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan sehat di malam hari, jangan minum kopi 3-4 jam sebelum tidur. Jika Anda mengonsumsi kafein atau kopi di jam saat tubuh sedang memberikan sinyal untuk bisa tidur, maka kita akan berpotensi untuk mengalami gejala insomnia yang diberikan dari kafein dengan semua keburukan efek sampingnya. Selain gejala insomnia yang dirasakan, efek dari konsumsi minuman kopin adalah seperti lekas marah, aritmia pada jantung, kelelahan yang tidak tertahankan, depresi dan juga hal lainnya. Dan sangat tidak aneh jika ternyata kopi memang terbukti memberikan peluang terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, cara mengobati insomnia dengan alami adalah menghindari minuman yang mengandung alkohol. Alkohol memang mempunyai manfaat, namun lebih banyak efek sampingnya dan efek samping untuk tubuh adalah bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat. Sebaiknya hindarilah minum-minuman yang mengandung alkohol. Jika anda minum alkohol agar bisa tidur, maka cara ini merupakan cara yang salah. Anda harus ingat bahwa alkohol sangat cepat dicerna dan akan mendapatkan suatu efek balasan dalam bentuk asetaldehida yang akan mempengaruhi peluang untuk mengalami penyakit insomnia di malam hari.

Sedangkan untuk mereka yang sudah berpasangan, maka cara mengobati insomnia secara tradisional adalah dengan melakukan seks sebelum tidur. Melakukan hubungan seksual sebelum tidur memberikan efek yang sangat baik untuk memunculkan rasa kantuk. Seks berfungsi untuk hipnotik yang sangat kuat. Dan jika Anda melakukan hubungan seksual tanpa bermaksud untuk prokreasi, akan mempunyai suatu pengaruh positif pada tidur yang mungkin menjadi salah satu pendukung untuk kemesraan dalam hubungan. Dan beberapa pendapat menunjukkan bahwa kehidupan seksual di kalangan monogami yang sehat merupakan salah satu daya yang kiuat untuk bisa mendapatkan batas hidup yang diharapkan.

Cara mengobati insomnia susah tidur dengan melakukan pemijatan. Caranya adalah mintalah pasangan Anda atau siapa saja untuk memijat Anda sebelum tidur seluruh tubuh, kemudian lakukanlah. Jika tidak, Anda bisa menggosokkan punggung Anda dan melakukan pemijatan pada kepala. Selain itu, pijatlah dengan tenang, lebih lembut dan juga mantap. Pemijatan ini bisa membantu untuk mengurangi dan menghilangkan ketegangan pada otot-otot yang bisa membuat Anda tidur lebih cepat.

Mandi dengan menggunakan air hangat agar membuat Anda menjadi lebih roleks. Gunakan garam mandi atau gunakan baking soda dalam takaran atau dosis yang sederhana saja. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih santai dan bisa membantu mengusir racun-racun yang ada di dalam tubuh Anda.

Mengobati Insomnia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mengobati Insomnia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.