Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil

Saat usia kehamilan bertambah, tidur lelap menjadi hal yang sangat didambakan oleh setiap ibu hamil. Sulit tidur atau insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya keadaan perut yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa tak enak didaerah ulu hati dan lain sebagainya. Bila kondisi ini berlanjut terus dapat membuat kondisi ibu hamil menjadi turun, konsentrasi berkurang, badan mudah lelah, yerasa pegal, tidak mood dalam bekerja bahkan kadang-kadang cenderung menjadi emosional. Keluhantidur biasanya dimulai saat usia kandungan memasuki triseester  ketiga dimana janin sudah tumbuh semakin besar sehingga terasa sangat menyesakkan. Hal yang harus dilakukan adalah dengan mengatasi insomnia pada ibu hamil.

Berikut beberapa cara mengatasi insomnia pada ibu hamil agar dapat tidur lebih nyaman di malam hari adalah :

  1. Carilah posisi tidur yang lebih nyaman
    Sangat dianjurkan buat ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sisi kiri, karena hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta. Dengan posisi ini rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari ibu ke janin sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin tetap dapat berjalan dengan baik. Posisi ini membntu untuk ginjal membuang sisa produk dan cairan bagian tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan. dan menjauhkannya dari varises. Tidur posisi miring ke kanan juga baik, Anda dapat mengganti posisi miring ke kanan kiri untuk membuat tidur anda lebih nyaman.
  2. Mandi dengan air  hangat
    Mandi dengan air hangat adalah salah satu hal yang dapat mengatasi insomnia pada ibu hamil, memakai sabun yang wangi dengan aroma yang segar dapat membantu anda menjadi lebih rileks dan siap untuk tidur.
  3. Hindari makanan berlebihan menjelang tidur
    Mengatasi insomnia pada ibu hamil ebaiknya makanlah 2 jam sebelum anda tidur. Jangan makan terlalu banyak atau berlebihan untuk menhindari rasa tidak enak di daerah ulu hati perut yang akan mempengaruhi kenyamanan tidur. Minum segelas susu hangat sebekum tidur  karena susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dala otak yang membantu Anda untuk dapat tidur.
  4. Dengarkanlah music apapun yang membuat menjadi tenang dan rileks sehingga akan mudah untuk Anda tidur lebih nyaman.
  5. Beristirahatlah setiap Anda memiliki kesempatan untuk beristirahat.
  6. Latihan menarik napas dalam yang etartur dapat membantu mengurangi ketengan pada otot. Cari posisi yang nyaman buat Anda, lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan, lakukan hal ini beberapa kali.
  7. Suasana kamar tidur yang bersih, tidak berantakan, suhu udara yang nyaman dapat membantu Anda menjadi rileks sehingga memudahkan Anda untuk tidur.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mengobati Insomnia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>