Cara Mengobati Insomnia

Cara Mengobati Insomnia – Sebelum mengetahui cara mengobati insomnia susah tidur, Anda perlu mengetahui apa penyebabnya. Dokter mungkin menanyakan mood Anda. Apakah Anda sedang mengalami depresi? Kecemasan? Stress? Mungkinkan insomnia tersebut disebabkan dari rasa nyeri, pengobatan, suatu perampasan dalam hidup Anda sehubungan melakukan perjalanan melewati zone waktu berbeda, atau bekerja di luar shift yang rutin? Mungkinkah kafein, alkohol, atau makanan berbumbu memainkan peranan dalam kesulitan tidur Anda? Pertanyaan yang dijawab “tidak” oleh Anda bisa menjadi penentu dalam mendiagnosa insomnia primer.

Cara Mengobati Insomnia

Cara Mengobati Insomnia

Sebelum melakukan cara mengobati insomnia susah tidur adalah dengan menentukan dan mengobati terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari insomnia muncul. Anda bisa mengamati gejala yang Anda alami, baik menyangkut mengenai psikologis Anda ataupun juga fisik. Jika Anda mengalami suatu penyakit tertentu, maka Anda harus mengobatinya terlebih dahulu. Jika penyakit insomnia disebabikan karena terjadinya tekanan jiwa seperti stres, depresi, cemas berlebihan, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghilangkan terlebih dahulu masalah-masalah yang anda alami. Dan setelah itu, insomnia baru bisa disembuhkan dan ditangani. Cara menyembuhkan insomnia yang kronis secara garis besar melingkupi pada dua pendekatan, yakni penggunaan obat-obatan dan juga pendekatan pola perilaku.

Cara mengobati insomnia dirumah yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan :

  1. Mengamati diri sendiri. Perhatikan berapa lama dan seberapa lelap tidur Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan teman sekamar atau orang lain sesuai keinginan Anda.
  2. Mencatat pola tidur. Tuliskan berapa lama waktu tidur Anda, dimana Anda tidur, kapan pernah tidur nyenyak, mengalami mimpi buruk dan lain-lain.

Pasien insomnia umumnya dimulai dengan munculnya gejala-gejala :

  1. Kesulitan jatuh tertidur atau tidak tercapainya tidur nyenyak. Keadaan ini bisa berlangsung sepanjang malam dan dalam tempo berhari-hari, berminggu-minggu atau lebih.
  2. Merasa lelah saat bangun tidur dan tidak merasakan kesegaran. Mereka yang mengalami insomnia seringkali merasa tidak pernah tertidur sama sekali.
  3. Sakit kepala di pagi hari. Ini sering disebut “efek mabuk” padahal nyatanya, orang tersebut tidak minum-minum di malam itu.
  4. Kesulitan berkonsentrasu
  5. Mudah marah
  6. Mata merah
  7. Mengantuk di siang hari.

Insomnia memberi sedikit atau banyak dampak pada kualitas hidup, produktivitas, dan keselamatan. Pada kondisi yang parah, dampaknya bisa lebih serius.

  1. Orang dengan insomnia lebih mudah menderita depresi dibandingkan mereka yang biasa tidur dengan baik.
  2. Kekurangan tidur akibat insomnia member kontribusi pada timbulnya suatu penyakit, termasuk penyakit jantung.
  3. Dampak mengantuk/ketiduran di siang hari dapat mengandam keselamatan kerja, termasuk mengemudi kendaraan.
  4. Orang dengan insomnia bias kehilangan banyak waktu dari pekerjaannya.
  5. Tidur malam yang buruk, dapat menurunkan kemampuan dalam memenuhi tugasharian serta kurang menikmati aktivitas hidup.

Cara mengobati insomnia secara alami adalah bergantung pada seberapa serius gejala yang dialami. Insomnia ringan atau sebentar-bentar, tidak memerlukan pengobatan berarti karena peristiwanya akan berlalu kurang dari sehari. Anda mungkin hanya perlu mengubah jadwal tidur/ bangun atau menyetel ulang jam biologis, sehingga kembali ke keadaan normal. Usaha sederhana lebih lanjut yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah :

  1. Menjalani “ritual tidur” yang schat. Anda secara konsisten melakukan aktivitas-aktivtas yang bisa membawa kondisi rileks pada tubuh, seperyti berjalan-jalan setiap pagi atau sore.  Mandi air hangat ata minum susu menjelang tidur
  2. Melakukan hubungan seksual sebelum tidur. Hubungan seksual suami istri besar sekali pengaruhnya terhadap pencapaian tidur yang baik.
  3. Teknik relaksasi, termasuk latihan mengendurkan pijatan atau meditasi.
  4. Berjemur di pagi hari (sebagai usaha menyetel-ulang jam bilogis tubuh Anda)

Selain itu, untuk cara mengobati insomnia alami adalah dengan menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan dan melakukan apa yang harus dilakukan yakni adalah :

  1. Hindari tidur malam dan bangun lebih pagi dan langsung melakukan aktivitas
  2. Hindarilah minum minuman yang mengandung kafein misalnya seperti soda, teh, kopi saat Anda akan tidir. Namun Anda bisa minum teh herbal atau juga susu hangat yang merupakan salah satu alternatif paling baik.
  3. Tidurlah pada ruangan yang ventilasi udaranya baik, dan lebih baik lagi jika jendela dalam keadaan terbuka.
  4. Jangan makan makanan yang berat di waktu malam hari
  5. Menggunakan minyak esensial yang berasal dari lavender, kamomil, dan merjoram yang mengandung kandugan penenang. Caranya adalah tambahkanlah 2 tetes minyak esensial tadi ke dalam air mandi yang hangat sebelum Anda tidur, atau Anda bisa meneteskan ke sapu tangan kemudian diletakkan pada bawah bantal.
  6. Hirup udara yang segar dan melakukan olahraga dengan teratur dan rutin.
  7. Dan jika anda tidak bisa tidur di waktu malam hari, namun Anda bisa tertidur di siang hari, maka sebaiknya pikirkanlah kembali rutinitas harian Anda dan aturlah dengan baik.

Cara Mengobati Insomnia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Mengobati Insomnia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *